Langsung ke konten utama

Traditional, Heritage and Contemporary

Metode membangun dinding dalam sepanjang sejarah Indonesia sekarang telah berubah, menyesuaikan dengan bahan baku yang ada supaya lebih ekonomis dalam membangun.

Traditional
Keraton, Yogyakarta 1790
Periode adat tradisional sebelum kolonialisme Belanda pada masing-masing wilayah di Indonesia sudah mengembangkan gaya arsitektur yang jelas. Desain rumah adat tradisional dapat mudah dikenali dari gaya atap rumah mereka. 

Konstruksi dinding mirip dengan frame kayu dan panel kayu atau panel anyaman. 

Sayangnya, dinding kayu yang ringan tersebut tidak dapat bertahan lama dari waktu ke waktu, sehingga banyak rumah adat tradisional yang sudah tidak asli atau bertahan lagi.
Borobadur Temple, Yogyakarta 900

Banyak bangunan penting dibangun dari batu, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan atau Pura Hindu di Bali. 

Key Joint
Interlocking
Kapur, marmer, granit dan batu keras lainnya dipotong  secara akurat dan diletakkan tanpa celah. Blok  batu tersebut disusun bersama-sama menggunakan sistem ikatan, (inter locking) sehingga mempunyai kekuatan tinggi dan fleksibilitas untuk tahan terhadap gempa yang kuat.



Heritage
Losari Coffee Plantation, Magelang, Jawa Tengah
Periode Kolonial Belanda tahun1600-1942 memperkenalkan bangunan dinding dengan gaya Eropa. Gedung-gedung pemerintah dan pemilik perkebunan yang kaya menggunakan bata dari tanah liat dalam membangun dinding setelah itu dinding diplester kemudian diaci/ skimcoat 

Sistem dinding seperti ini bukan ditemukan oleh orang Romawi, tetapi insinyur mereka lah yang mempelajari bagaimana membangun dinding menggunakan bata. Di Eropa banyak dinding bata Romawi masih berdiri setelah 2.000 tahun. 

Romani Tahun 70. Bata merah, plester dan acian.

Di Indonesia ada juga beberapa bangunan bata yang masih terawat dalam kondisi baik setelah 300 tahun.









Bata Merah, Plester dan Acian dari periode Belanda.
Tahun 1800














Bata Merah dari Periode Romani Tahun 300.










Bata Merah dari Jakarta 2013. Pasangan Bata dengan pasir dan semen.











Contemporary


Tidak banyak yang berubah setelah lebih dari 2.000 tahun sejak Romawi di Eropa membangun tembok batu bata dari tanah liat. Semen diperkenalkan ke perumahan tahun 70- an dan Kolom Praktis tahan gempa diperkenalkan di tahun 80-an. 


Selama hampir 40 tahun terakhir ini kualitas bangunan rumah kita sangat buruk dengan banyak retak, kebocoran dan tidak tahan lama  sebelum jadwal renovasi. 

10 tahun terakhir ada pengenalan generasi baru bahan bangunan dan persyaratan untuk kualitas yang lebih baik dalam membangun. Perubahan ini termasuk:

Dinding Bata Ringan
Mortar untuk Thinbed, Plaster and Acian (skimcoat)
Gypsum Board and GRC Board

Atap baja rindan

Dalam waktu dekat kita akan melihat produk baru lainnya seperti  perekat lantai, waterproofing mortar, kaca dan sistem dinding aluminium sistem dan beton cetak (precast).


Bata Ringan dan pasangan tipis "Thinbed"
Bata Merah dengan pasangan bata.
Plester dan Acian Putih

















“Mortar is changing the quality standard of Indonesian Building”



Some Styles Last Forever


Greek corinthian columns, Roman arches, Saracen ceramic and glass tiling.
Palazzo dei Normanni, Palermo, Italy - 1072


















Greek corinthian columns, Roman arches, Italian blue tile facade.
House in South Jakarta, Indonesia - 2013




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Acian Terbaik dengan TR 30 Acian Putih

Renovasi Dinding - TR-30 Acian Putih

--> Sebelum mengecat ulang rumah sebaiknya acian diperbaiki terlebih dahulu acian yang lepas atau retak. Lakukan sebaik-baiknya agar bisa tahan lebih lama, jangan hanya diisi menggunakan semen saja yang mungkin bisa bertahan hanya 6 bulan saja. --> Perbaiki Retak Retak rambut bisa diperbaiki dengan mencampurkan TR-30 dengan Bonding Agent berbahan dasar acrylic (Bonding agent dilarutkan 1:1 dengan air). Kondisi adukan tidak terlalu encer atau kental kira2 seperti adukan cat. Gunakan ro skam besi atau plastik untuk aplikasi tipis seperti plamir diatas acian yang retak. Setelah 1 hari acian bisa diamplas sampai halus dengan uk 300 sebelum dicat kembali.   Retak yang lebih besar dari retak rambut, celah retakannya harus dibuka terlebih dahulu uk lebarnya 2mm-3mm dengan kedalaman 3mm. Buat adukan TR-30 dengan Bonding Agent lebih kental dari adukan diatas, lebih kental dari adukan cat. kuas terlebih dahulu celah retakan menggunakan larutan Bonding agent 1:1 dengan air, setel

11 model Desain Meja Sederhana untuk Dapur Modern Minimalis

Ruang makan dan dapur merpakan bagian yang tidak terpisahkan sehingga akan memudahkan akses dari dapur ke ruang makan. Tapi ada juga beberapa jenis rumah yang menempatkan meja di dapur terpisah dari ruang makan. Dengan demikian akan memungkinkan Anda bisa duduk santai sambil menunggu masakan matang. Bahkan bisa juga sebagai tempat makan bersama. Secara umum, meja dapur modern dipasangkan dengan beberapa kursi. Meja dapur biasanya hanya berukuran kecil. Ada berbagai ukuran meja dapur mulai dari yang berukuran tinggi dan ada juga yang rendah. Ada meja dapur yang berbentuk persegi dan lingkaran yang cocok untuk ruangan kecil. Anda dapat melihat beberapa desain meja dapur modern di bawah ini sehingga Anda tahu betapa indah dan cocok jika ditempatkan di dapur rumah Anda : Metropolitan Designer Prep Table Gambar: John Boos Sebuah meja dapur persegi yang terbuat dari kayu yang membuatnya cocok untuk dapur modern yang simetris dan geometris. Penggunaan furnitur yang geometris akan memberkan ke